Ekonomi

Walt Disney Bakal Tutup 60 Toko di Amerika Utara

Kamis, 04 Maret 2021 - 10:24
Walt Disney Bakal Tutup 60 Toko di Amerika Utara Pedestrians wearing protective masks wait to enter a Disney store in San Francisco, California, on Wednesday, Dec. 23, 2020. (Foto: David Paul Morris/Getty Images)

TIMES SOLOK, JAKARTAWalt Disney Co berencana menutup 60 ritelnya, di Amerika Utara tahun ini. Jumlah ritel tersebut telah mencakup 20 persen jumlah toko Disney di dunia. Keputusan ini menjadi langkah baru perusahaan media dan hiburan ini yang akan fokus pada bisnis e-commerce.

Selain di Amerika, Walt Disney Co juga sedang melakukan evaluasi untuk pengurangan toko di Eropa. Pihak Disney juga memastikan bahwa toko mereka di Jepang dan China dipastikan tidak akan terpengaruh aksi besar-besaran itu.

"Sementara perilaku konsumen telah bergeser ke arah belanja online, pandemi global telah mengubah harapan konsumen dari peritel," kata Presiden Produk Konsumen, Game, dan Penerbitan Disney Stephanie Young, dikutip dari Reuters, Kamis (4/3/2021).

Walt Disney Co tercatat memiliki 300 toko di seluruh dunia. Kebijakan baru untuk fokus e-commerce ini pun memberikan pertanyaan baru terkait berapa banyak pekerja yang akan kehilangan pekerjaannya akibat aksi tutup toko tersebut. Namun sayangnya, perusahaan ini tidak memberikan keterangan lebih lanjut. 

Pandemi Covid-19 membuat konsumen dengan cepat beralih ke e-commerce, hal ini mengakibatkan banyak toko-toko ritel besar di dunia menutup toko mereka, seperti Walmart Inc dan Macy's Inc. Hal ini pun merubah strategi bisnis Walt Disney yang sebelumnya telah memperluas ekspansi tokonya di dalam peritel besar lain seperti Target di AS, dan di toko Alshaya Group di Timur Tengah. 

Selama setahun ke depan, Disney akan merombak aplikasi dan situs web mereka yakni shopDisney. Pihak Walt Disney Co juga menyampaikan akan berencana untuk menciptakan pengalaman e-commerce yang lebih fleksibel, interconnected, yang memberi konsumen akses yang lebih mudah ke produk unik dan berkualitas tinggi di semua waralaba.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Solok just now

Welcome to TIMES Solok

TIMES Solok is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.