Berita

Antisipasi Corona B117, BIN Perketat WNA Masuk ke Indonesia

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:16
Antisipasi Corona B117, BIN Perketat WNA Masuk ke Indonesia Ilustrasi – penerbangan dari Inggris. (FOTO: Xinhua/Liu Jie)

TIMES SOLOK, JAKARTA – Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Nasional (BIN), Wawan Purwanto menyatakan, pihaknya akan terus mencermati dinamika mutasi virus Corona B117, yang kini sudah terkonfirmasi masuk Indonesia.

"Salah satu upaya antisipasi pemerintah adalah memperketat masuknya WNA ke Indonesia dan melarang penerbangan dari Inggris," katanya, dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Ia mengaku, saat ini pemerintah telah melakukan riset tentang mutasi virus Corona tersebut. Dari catatan BIN, ada 462 spesimen di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir yang diteliti dengan menggunakan metode Whole Genome Sequence.

"Riset ini untuk mencari model penanganan lebih baik karena proses mutasi B117 yang sudah ada di sekitar kita," tambahnya.

Selain itu lanjut Wawan, langkah strategis sesuai kewenangan guna mencegah penyebaran lebih luas. Salah satunya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pencegahan Covid-19.

“Seiring munculnya kasus mutasi virus Corona B117 yang terjadi di beberapa negara tetangga seperti Singapura (23 Desember 2020), Malaysia (12 Januari 2021), Vietnam (2 Februari 2021), Thailand (Januari 2021), dan Filipina ( 13 Januari 2021)," ujarnya.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19, mengaku juga akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait ditemukannya strain virus baru Covid-19 yakni B117 di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan penjagaan di pintu masuk Indonesia dengan surveilans terhadap pelaku perjalanan internasional.

"Saat ini pemerintah sudah melakukan surveilans kedatangan dari luar negeri untuk mencegah masuknya strain Covid-19 di pintu masuk Indonesia. Selanjutnya merupakan tanggungjawab kita semua mencegah penularan terjadi di masyarakat dengan disiplin melakukan protokol kesehatan," ujarnya soal Corona B117.(*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Solok just now

Welcome to TIMES Solok

TIMES Solok is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.