Berita

Fashion Bung Karno, Sejajarkan Indonesia di Dunia Internasional

Senin, 21 Juni 2021 - 08:53
Fashion Bung Karno, Sejajarkan Indonesia di Dunia Internasional Presiden Petama RI Soekarno atau biasa dipanggil Bung Karno. (FOTO: Arsip Nasional Repunpik Indomesia).

TIMES SOLOK, JAKARTA – Kisah Soekarno, atau biasa masyarakat Indonesia memanggilnya Bung Karno memang tak ada habisnya untuk dibahas. Sebagai pimpinan negara, gaya pakaian Bung Karno pun tak pernah luput dari perhatian publik. Tentunya hal ini tidak terjadi begitu saja, namun lahir dari pesona serta kharisma Bung Karno.

Menurut perancang busana Samuel Wattimena, sebagai simbol negara, tentu apa yang dikenakan presiden sealu menjadi perhatian banyak orang. Jas, kemeja putih, dasi dan peci jadi pakaian paling umum tiap presiden. Begitu juga dengan Bung Karno mulai dari seragam kenegaraannya yang selalu tampak necis hingga gaya casualnya. 

"Kalau melihat kenyataan dan kepemimpinan beliau, gaya itu muncul dari dalam diri Bung Karno, jadi beliau itu seorang trendsetter dan juga seseorang yang mempunyai visi yang jauh ke depan," ucap Samuel dalam acara "Talkshow & Musik Bung Karno Series" Episode 20 bertema "Bung Karno dan Fashion" seperti dilihat dari kanal YouTube digelar Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, Senin (21/6/2021).

Detil

Pesona dan kharisma seorang penguasa memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilupakan. Bung Karno sejak aktif dalam pergerakan kemerdekaan hingga menjadi seorang nomor satu di Indonesia selalu memperhatikan detil penampilannya. Saking perhatiannya, Bung Karno disebut-sebut sampai memastikan hal-hal kecil seperti bentuk pakaian dan keserasian warna.

Bung Karno sangat yakin bahwa cara berpakaian yang digunakan akan menunjukkan derajat seseorang. Lewat apa yang dikenakan, sejatinya Bung Karno hendak menunjukkan bahwa Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia. "Jadi beliau sangat memahami, bahwa apapun yang beliau ucapkan, kenakan dan pilih, semua harus efisien. Jadi harus memberikan dampak," ucap Sammy, sapaan akrabnya.

Dikatakan, apapun yang dikenakan Bung Karno kala itu akan memberikan pengaruh besar bagi masyarakat dan dunia. Tekad beliau, lewat kebudayaan, membawa Indonesia untuk sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

Peci Hitam Bung Karno, Identitas Bangsa Indonesia

Meskipun Bung Karno mengenakan pakaian modern seperti jas, dasi, dan kacamata, ditambah menenteng tongkat, tapi satu hal tidak lepas dari identitas sebagai bangsa Indonesia, yaitu memakai peci hitam.

Gaya Bung Karno mengenakan setelan jas, sejatinya memosisikan penampilannya dalam standar internasional. "Gayanya yang universal, sangat dunia, sangat global, tapi beliau memakai peci untuk menunjukan global ini dengan identitas bangsa Indonesia. Tongkat pun merupakan bagian dari gestur untuk menunjukan kepemimpinannya," tambah Sammy.

Selain itu, Presiden RI Soekarno memang dikenal senang memakai seragam jas putih bergaya militer dengan empat saku plus seabrek bintang jasa di dada. Karakteristik ini menunjukkan bahwa Bung Karno merupakan panglima tertinggi yang akan membuat bangga rakyatnya dan menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa Indonesia secara psikologis melalui penampilan pemimpinnya. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Solok just now

Welcome to TIMES Solok

TIMES Solok is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.