Berita

Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Pantai Nuskambangan, Dua Orang Dilaporkan Tewas

Jumat, 17 September 2021 - 11:21
Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Pantai Nuskambangan, Dua Orang Dilaporkan Tewas Kapal Penganyoman IV yang biasa bersandar dipenyebarangan tenggelam di Perairan Nusakambangan, Cilacap.(FOTO : Tangkapan layar)

TIMES SOLOK, CILACAP – Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas setelah Kapal Penganyoman IV milik Kemenkumham yang biasa bersandar dipenyeberangan tenggelam di Perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, (17/9/2021 sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat berita ini diturunkan, petugas masih melakukan evakuasi terhadap kapal yang menjadi angkutan penyeberangan dari Dermaga Wijayapura menuju ke Nusakambangan melalui Dermaga Sodong.

Koordinator Lapas Nusakambangan, Yuswa Jalu Panjang dalam keterangannya membenarkan tragedi tersebut dan menyebut ada dua orang yang meninggal.

Yuswa menjelaskan, kapal tenggelam tidak lama setelah tali lepas dari Dermaga Wijayapura.  Kapal ini terbawa arus putar.

Sementara di atas dek kapal terdapat muatan sebuah truk. Setelah terbawa arus, menyebabkan truk di atas kapal miring hingga membuat kapal pun terbawa miring selanjut tenggelam.

"Kapal Penganyoman IV betul tenggelam setelah terbawa arus putar lanjut, muatan diatasnya ada truk miring dan kapal ikut miring lanjut tenggelam," tandas Yuswa.

Dari tujuh penumpang, lima dilaporkan selamat sedangkan dua lainnya tenggelam dan dikabarkan meninggal dunia.

Diperoleh kabar bahwa dua korban yang tewas adalah seorang petugas Lapas dan satu pegawai proyek yang sedang beraktivitas di Pulau Nusakambangan. Namun, informasi lain menyebutkan korban meninggal berjumlah empat orang. 

Hasil pantauan para jurnalis, petugas gabungan seperti dari Bazarnas Cilacap masih tampak berada di lokasi tenggelamnya Kapal Penganyoman IV untuk melukan evakuasi. Sementara dari seberang Dermaga Wijayapura, tampak bangkai kapal tenggelam dengan menampakan bagian bawah lambung kapal sedang dilakukan evakuasi. (*)

Pewarta : Sutrisno
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Solok just now

Welcome to TIMES Solok

TIMES Solok is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.