Berita

Upaya Dokter Lala Kelola Sosmed Jadi Media Edukasi hingga Raih Rekor MURI

Selasa, 27 Juli 2021 - 20:38
Upaya Dokter Lala Kelola Sosmed Jadi Media Edukasi hingga Raih Rekor MURI Dr. dr. Dhelya Widasmara Sp.KK (K) FINSDV di ruang kerja kliniknya. (Foto: Dok. Pribadi for TIMES Indonesia)

TIMES SOLOK, JAKARTADokter Lala dikenal sebagai dokter modis, stylist, dan juga eksis di berbagai sosial media. Aktivitasnya terekam dan dipublikasikan di akun media sosialnya. Yang bikin beda, akun sosmednya dijadikan ajang edukasi kepada warganet tentang dunia kesehatan. Alhasil, Dokter Lala diganjar penghargaan dari Rekor MURI.

Dokter berambut panjang ini memiliki nama lengkap Dr. dr. Dhelya Widasmara Sp.KK (K) FINSDV. Dokter Lala, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa ia memiliki beberapa akun media sosial yang masih aktif hingga saat ini.

Dhelya Widasmara 2

Beberapa akunnya yakni YouTube Dr Dhelya dengan 3,13 subscriber, tiktok drdhelyaspkk dengan 38,6 ribu followers, dan Instagram @dhelya_spkk dengan 83 ribu followers.

"Pandemi Covid-19 memang banyak informasi yang simpang siur dan hoaks dimana-mana ya. Tujuannya (main medsos) ya untuk edukasi aja agar mereka lebih cermat," tuturnya kepada TIMES Indonesia, Selasa (27/7/2021).

Ia mengaku bahwa sebelum masa pandemi Covid-19, dirinya tidak begitu familiar dan lihai mengelola akun media sosial. Justru menurut pengakuannya, akun YouTube dan tiktok miliknya baru dibuat karena masa pandemi Covid-19 ini.

"Ya untuk mengisi aktivitas dan memberi edukasi saja kepada masyarakat," singkatnya.

Ia bersama dr Listya Paramita, SpKK meraih Piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia atas rekor Siaran Langsung Edukasi Kesehatan Kulit Terlama melalui Instagram. Penghargaan ini diperoleh pada 27 Februari 2021 lalu.

Dhelya Widasmara 3

Melalui akun tiktoknya, Dokter Lalu memberi edukasi tentang penggunaan tabung oksigen dan tips Anti sesak napas tanpa tabung oksigen. Videonya viral hingga Dokter Lalu diundang Insert (Trans TV) untuk kembali memberikan edukasi kepada masyarakat.

Sebagai informasi, Dokter Lala dilahirkan di Malang, Jawa Timur pada tanggal 14 Agustus 1982 dari pasangan Ayahanda dr. Dadang Hendrawan, Sp.Jp (K) FIHA FiCss dan Ibunda Prof. Dr. Dewi Astuti Muchtar SH.MS.

Dokter Lala menyelesaikan Sekolah Dasar di sekolah Dasar Negeri Lawang 5 pada tahun 1988-1994, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Malang pada tahun 1994-1997.

Lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang pada tahun 1997-2000. Kemudian melanjutkan pendidikan sarjana kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2000-2006.

Ia menyelesaikan Program Pendidikan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2011, dan menyelesaikan S3 di Universitas Airlangga pada tahun 2015.

Selain meraih penghargaan Rekor MURI, Dokter Lala juga meraih penghargaan Indonesia Women Achievers Award Winner 2019 di Jakarta. Saat ini kesibukannya sebagai Sekretaris Clinical Research Unit (CRU) RSUD Dr Saiful Anwar Malang, Humas IDI Cabang Malang, dan pemilik Pusat Kesehatan Kulit dan Kelamin Elbe Clinic dan Skin Level Clinic Malang. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Solok just now

Welcome to TIMES Solok

TIMES Solok is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.