https://solok.times.co.id/
Berita

AMSI Kembali Menggelar Advanced Mentoring for Media Sustainability

Jumat, 26 April 2024 - 19:12
AMSI Kembali Menggelar Advanced Mentoring for Media Sustainability Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bersaman Internews-USAID MEDIA menggelar Advanced Mentoring for Media Sustainability 2024 di Jakarta. (FOTO: dok AMSI)

TIMES SOLOK, JAKARTA – Lima platform media digital lokal telah dipilih untuk mengikuti program Advanced Mentoring for Media Sustainability 2024 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dengan dukungan dari Internews-USAID MEDIA. Kegiatan ini berlangsung secara langsung pada tanggal 23-25 April 2024 di Jakarta.

Media yang terpilih, termasuk Floresa (NTT), Beritabali.com (Bali), Serayu News (Jawa Tengah), Bincang Perempuan (Bengkulu), dan Terkini.id (Makassar), akan menerima penguatan dalam bidang bisnis media, teknologi, dan media sosial. Mentor yang hadir terdiri dari para ahli di bidangnya, antara lain Jason Lambert (Senior Director of Media Business Unit Newsgain), Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com), Lucky Lokononto (Pemimpin Redaksi Berita Jatim), Upi Asmaradhana (CEO Kabar Grup Indonesia), dan Dimas Sagita (Head of Digital Revenue Suara.com).

Sekretaris Jenderal AMSI, Maryadi, menyoroti masalah utama dalam pengembangan teknologi dalam digitalisasi media di Indonesia, terutama media online. Dia menegaskan pentingnya peningkatan kapasitas di berbagai aspek, baik dari segi newsroom, teknologi, maupun bisnis, yang tidak hanya berlaku untuk media lokal tetapi juga dapat diterapkan oleh media nasional.

Chief of Party Internews Indonesia, Eric Sasono, menyoroti tiga pilar utama dalam membangun bisnis media yang sehat, yaitu kepercayaan, konten yang berkualitas, dan ketahanan terhadap berita yang merugikan. Dia menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun industri media yang berintegritas.

Setelah mengikuti mentoring secara langsung, lima media terpilih akan melanjutkan dengan pendampingan online selama tiga bulan dengan mentor yang dipilih. Mereka juga akan mendapatkan dana sebesar Rp 23.000.000 untuk pengembangan bisnis media. Diharapkan bahwa kelima media ini akan menjadi contoh yang baik di tingkat lokal, sehingga dapat memperkuat posisi media digital dalam ekosistem media secara keseluruhan.

Di tengah gejolak digital yang mempengaruhi sektor media secara luas, pelatihan yang diselenggarakan oleh AMSI dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA ini diharapkan dapat menjadi langkah yang tepat untuk mendukung inisiatif AMSI dalam menjadikan media digital yang sehat secara bisnis dan berkualitas kontennya. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Solok just now

Welcome to TIMES Solok

TIMES Solok is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.